Monday, April 18, 2016

lembar kegiatan siswa

LEMBAR KEGIATAN SISWA (LKS)


A.    Pengertian Lembar Kegiatan Siswa
Lembar Kegiatan Siswa (LKS) merupakan suatu bahan ajar cetak berupa lembaran berisi tugas yang di dalamnya berisi petunjuk, langkah-langkah untuk menyelesaikan tugas. LKS dapat berupa panduan untuk latihan pengembangan aspek kognitif maupun panduan untuk pengembangan semua aspek pembelajaran dalam bentuk panduan eksperimen dan demonstrasi (Trianto, 2007:73).
LKS Lembar Kegiatan Siswa merupakan materi ajar yang dikemas sedemikian rupa agar siswa dapat mempelajari materi tersebut secara mandiri (Sutanto, 2009:1). Pengertian LKS yang dikemukakan oleh Badjo (1993:8) yaitu LKS ialah lembar kerja yang berisi informasi dan perintah/instruksi dari guru kepada siswa untuk mengerjakan suatu kegiatan belajar dalam bentuk kerja, praktek, atau dalam bentuk penerapan hasil belajar untuk mencapai suatu tujuan.
Hidayah (2008:7) menjelaskan bahwa LKS merupakan stimulus atau bimbingan guru dalam pembelajaran yang akan disajikan secara tertulis sehingga dalam penulisannya perlu memperhatikan kriteria media grafis sebagai media visual untuk menarik perhatian peserta didik. Sedangkan isi pesan LKS harus memperhatikan unsur-unsur penulisan media grafis, hirarki materi (matematika) dan pemilihan pertanyaan-pertanyaan sebagai stimulus yang efisien dan efektif.
B.     Tujuan dan Manfaat Pembelajaran Menggunakan LKS Lembar Kerja Siswa
Depdiknas dalam panduan pelaksanaan materi pembelajaran SMP (2008:42-45) alternatif tujuan pengemasan materi dalam bentuk LKS adalah :
1.      LKS membantu siswa untuk menemukan suatu konsep LKS mengetengahkan terlebih dahulu suatu fenomena yang bersifat konkrit, sederhana, dan berkaitan dengan konsep yang akan dipelajari. LKS memuat apa yang (harus) dilakukan siswa meliputi melakukan, mengamati, dan menganalisis.
2.      LKS membantu siswa menerapkan dan mengintegrasikan berbagai konsep yang telah ditemukan
3.      LKS berfungsi sebagai penuntun belajar LKS berisi pertanyaan atau isian yang jawabannya ada di dalam buku. Siswa akan dapat mengerjakan LKS tersebut jika membaca buku.
4.      LKS berfungsi sebagai penguatan
5.      LKS berfungsi sebagai petunjuk praktikum
C.    Contoh LKS

LEMBAR KEGIATAN SISWA ( LKS )

Judul : Besaran dan satuan
Kelas/ Semester : X/ I
Alokasi waktu : 2 x 45 menit
Metode : Diskusi
Tempat : Ruang Kelas

I.                   Petunjuk belajar:
A.    Baca secara cermat petunjuk sebelum melakukan kegiatan
B.     Baca buku-buku fisika SMA Kelas X yang relevan untuk memperkuat konsep dan pemahaman anda.
C.     Tanyakan pada pembimbing jika ada hal-hal yang kurang jelas
II.                Kompetensi yang akan dicapai :
Membedakan besaran pokok dengan besaran turunan beserta satuannya
III.             Indikator :
Mendata besaran-besaran fisika yang dikenal dalam kehidupan sehari-hari
IV.             Alat / Sumber :
Buku Fisika Kelas X
V.                Informasi pendukung :
1.      Sistem satuan yang digunakan pada umumnya adalah sistem metrik yang dikenal sebagai meter, kilogram, dan sekon ( yang disingkat MKS ) dan sistem Inggris yang dikenal sebagai foot, pound, dan second( yang disingkat FPS ).
2.      Ketetapan Sistem Internasional meliputi :
Terdapat sekelompok besaran yang dinamakan besaran pokok dan satuannya ditetapkan lebih dahulu
3.      Untuk menyatakan besar atau kecilnya suatu besaran maka pada satuan dari besaran tersebut diberikan awalan prefik
4.      Besaran-besaran yang tidak termasuk besaran pokok disebut besaran turunan.
VI.             Kegiatan :
1.      Data besaran-besaran yang sudah anda kenal dalam kehidupan sehari-hari
2.      Tuliskan besaran dan satuannya kedalam tabel I
3.      Dari data yang ada pada tabel I, bedakan mana yang termasuk besaran pokok dan mana besaran turunan kemudian isi kedalam tabel II.

TABEL I.

No
Nama Besaran
Nama Satuan
1
2
3
4
5
6
7
8
…………………
…………………
…………………
…………………
…………………
…………………
…………………
…………………
……………..
…………….
…………….
……………
…………….
…………….
…………….
…………….

TABEL II.
No
Besaran Pokok
Besaran Turunan
1
2
3
4
5
6
7
………………..
……………….
……………….
……………….
……………….
……………….
……………….
…………………….
…………………….
…………………….
…………………….
……………………
…………………….
……………………
VII. Penilaian
A.     Ranah Kognitif
Tuliskan satuan dari besaran-besaran turunan di bawah ini!
a.       Luas = panjang x lebar
b.      Gaya = massa x percepatan
c.       Usaha = gaya x perpindahan
d.      Momentum = massa x kecepatan
B.     Ranah Afektif
No
Aspek yang dinilai
Skor
Keterangan
1
Kehadiran di kelas
4 = sangat baik
3 = baik
2 = kurang baik
1 = tidak baik
2
Ketepatan.Waktu mengumpulkan tugas
3
Kelengkapan buku
4
Partisipasi dalam kelompok
5
Kerapian laporan
6
Etika dalam menyampaikan pendapat
Jumlah Skor

Tgl .pelaksanaan
Catatan Guru
Paraf





No comments:

Post a Comment