LEMBAR KEGIATAN SISWA (LKS)
A. Pengertian
Lembar Kegiatan Siswa
Lembar
Kegiatan Siswa (LKS)
merupakan suatu bahan ajar cetak berupa lembaran berisi tugas yang di dalamnya
berisi petunjuk, langkah-langkah untuk menyelesaikan tugas. LKS dapat berupa
panduan untuk latihan pengembangan aspek kognitif maupun panduan untuk
pengembangan semua aspek pembelajaran dalam bentuk panduan eksperimen dan
demonstrasi (Trianto, 2007:73).
LKS
Lembar Kegiatan Siswa merupakan materi ajar yang dikemas sedemikian rupa
agar siswa dapat mempelajari materi tersebut secara mandiri (Sutanto, 2009:1).
Pengertian LKS yang dikemukakan oleh Badjo (1993:8) yaitu LKS ialah lembar
kerja yang berisi informasi dan perintah/instruksi dari guru kepada siswa untuk
mengerjakan suatu kegiatan belajar dalam bentuk kerja, praktek, atau dalam
bentuk penerapan hasil belajar untuk mencapai suatu tujuan.
Hidayah
(2008:7) menjelaskan bahwa LKS merupakan stimulus atau bimbingan guru dalam
pembelajaran yang akan disajikan secara tertulis sehingga dalam penulisannya
perlu memperhatikan kriteria media grafis sebagai media visual untuk menarik
perhatian peserta didik. Sedangkan isi pesan LKS harus memperhatikan
unsur-unsur penulisan media grafis, hirarki materi (matematika) dan pemilihan
pertanyaan-pertanyaan sebagai stimulus yang efisien dan efektif.
B. Tujuan dan
Manfaat Pembelajaran Menggunakan LKS Lembar Kerja Siswa
Depdiknas dalam panduan pelaksanaan
materi pembelajaran SMP (2008:42-45) alternatif tujuan pengemasan materi dalam
bentuk LKS adalah :
1.
LKS membantu siswa untuk menemukan suatu konsep LKS
mengetengahkan terlebih dahulu suatu fenomena yang bersifat konkrit, sederhana,
dan berkaitan dengan konsep yang akan dipelajari. LKS memuat apa yang (harus)
dilakukan siswa meliputi melakukan, mengamati, dan menganalisis.
2.
LKS membantu siswa menerapkan dan mengintegrasikan berbagai
konsep yang telah ditemukan
3.
LKS berfungsi sebagai penuntun belajar LKS berisi pertanyaan
atau isian yang jawabannya ada di dalam buku. Siswa akan dapat mengerjakan LKS
tersebut jika membaca buku.
4.
LKS berfungsi sebagai penguatan
5.
LKS berfungsi sebagai petunjuk praktikum
C. Contoh LKS
LEMBAR KEGIATAN SISWA ( LKS )
Judul
: Besaran dan satuan
Kelas/
Semester : X/ I
Alokasi
waktu : 2 x 45 menit
Metode
: Diskusi
Tempat
: Ruang Kelas
I.
Petunjuk belajar:
A. Baca secara cermat petunjuk sebelum
melakukan kegiatan
B. Baca buku-buku fisika SMA Kelas X
yang relevan untuk memperkuat konsep dan pemahaman anda.
C. Tanyakan pada pembimbing jika ada
hal-hal yang kurang jelas
II.
Kompetensi yang akan dicapai :
Membedakan besaran pokok dengan
besaran turunan beserta satuannya
III.
Indikator :
Mendata besaran-besaran fisika yang dikenal
dalam kehidupan sehari-hari
IV.
Alat / Sumber :
Buku Fisika Kelas X
V.
Informasi pendukung :
1. Sistem satuan yang digunakan pada
umumnya adalah sistem metrik yang dikenal sebagai meter, kilogram, dan sekon (
yang disingkat MKS ) dan sistem Inggris yang dikenal sebagai foot, pound, dan
second( yang disingkat FPS ).
2. Ketetapan Sistem Internasional
meliputi :
Terdapat sekelompok besaran yang
dinamakan besaran pokok dan satuannya ditetapkan lebih dahulu
3. Untuk menyatakan besar atau kecilnya
suatu besaran maka pada satuan dari besaran tersebut diberikan awalan prefik
4. Besaran-besaran yang tidak termasuk
besaran pokok disebut besaran turunan.
VI.
Kegiatan :
1. Data besaran-besaran yang sudah anda
kenal dalam kehidupan sehari-hari
2. Tuliskan besaran dan satuannya
kedalam tabel I
3. Dari data yang ada pada tabel I,
bedakan mana yang termasuk besaran pokok dan mana besaran turunan kemudian isi
kedalam tabel II.
TABEL I.
No
|
Nama Besaran
|
Nama Satuan
|
1
2
3
4
5
6
7
8
|
…………………
…………………
…………………
…………………
…………………
…………………
…………………
…………………
|
……………..
…………….
…………….
……………
…………….
…………….
…………….
…………….
|
TABEL
II.
No
|
Besaran Pokok
|
Besaran Turunan
|
1
2
3
4
5
6
7
|
………………..
……………….
……………….
……………….
……………….
……………….
……………….
|
…………………….
…………………….
…………………….
…………………….
……………………
…………………….
……………………
|
VII.
Penilaian
A.
Ranah Kognitif
Tuliskan satuan dari besaran-besaran
turunan di bawah ini!
a.
Luas = panjang x lebar
b. Gaya = massa x percepatan
c. Usaha = gaya x perpindahan
d. Momentum = massa x kecepatan
B. Ranah Afektif
No
|
Aspek yang dinilai
|
Skor
|
Keterangan
|
1
|
Kehadiran di kelas
|
4 = sangat baik
3 = baik
2 = kurang baik
1 = tidak baik
|
|
2
|
Ketepatan.Waktu mengumpulkan tugas
|
||
3
|
Kelengkapan buku
|
||
4
|
Partisipasi dalam kelompok
|
||
5
|
Kerapian laporan
|
||
6
|
Etika dalam menyampaikan pendapat
|
||
Jumlah Skor
|
|||
Tgl .pelaksanaan
|
Catatan Guru
|
Paraf
|
No comments:
Post a Comment