Monday, March 14, 2016


Ragam dan Klasifikasi Media Pembelajaran

Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh, kali ini saya akan meresume materi perkuliahan media pembelajaran yang dilaksanakan pada tanggal 08 maret 2016. Pada pertemuan tersebut dibahas mengenai “Ragam dan Klasifikasi Media Pembelajaran”, berikut resumenya:

A.    Klasifikasi media pembelajaran.

Menurut Kemp dan Devton (1985), klasifikasi jenis media pembelajaran adalah sebagai berikut:

1.      Media cetak.

2.      Media yang dipamerkan (displayed media).

3.      Over head trans-parency (OHP).

4.      Rekaman suara.

5.      Slide suarta dan film strip.

6.      Presentasi multi gam,bar.

7.      Video dan film.

8.      Pembelajaran berbasis komputer (computer based instruction).

Menurut Heinich dan kawan-kawan (2005), klasifikasi jenis media pembelajaran adalah sebagai berikut:

1.      Media cetak/teks.

2.      Media pameran/display

3.      Media audio.

4.      Gambar bergerak/motion pictures.

5.      Multimedia.

6.      Media berbasis web atau internet.

B.     Karakteristik Media Pembelajaran adalah sebagai berikut:

1.      Faktor presentasi.

2.      Faktor ukuran (size).

3.      Faktor warna (colour).

4.      Faktor gerak-diam.

5.      Faktor gambar.

6.      Faktor suara.

C.     Ragam media pembelajaran.

1.      Media cetak.

Media ini merupakan media yang relative murah dan sangat fleksibel penggunaannya. Contoh dari media ini adalah:

a.       Buku.

b.      Brosur.

c.       Leafleat.

d.      Handout.

e.       Diagram: ,edia ini digunakan untuk memperlihatkan adanya hubungan dan keterkaitan antara konsep yang satu dan yang lain/

f.       Poster: media ini berupa konsep visual yang terdiri dari kombinasi antara garis, warna, dan kata-kata (teks). Poster digunakan untuk menangkap dan memperhatahankan perhatian orang agar mereka dapat memahami pesan.

2.      Media pameran.

Media ini merupakan sarana informasi dan pengetahuan yang menarik bagi penggunanya.

Contoh dari media ini adalah:

a.       Realia: berupa benda asli/orisinil yang digunakan sebagai medium untuk memperoleh suatu informasi.

b.      Model: berupa benda-benda pengganti yang berfungsi untuk menggantikan benda yang sebenarnya.

c.       Diorama: berupa pameran statis/diam yang didesain untuk menyampaikan informasi tentang kejadian nyata yang terjadi di masa ;alu atau sekarang/ menggambarkan masa depan dalam bentuk tiga dimensi.

d.      Gambar bgerak: merupakan media yang mapu memperlihatkan gambar bergerak yang terintegrasi dengan unsure suara. Media ini dapat berupa film dan video.

e.       Multimedia: media ini merupakan produk kemajuan dari teknologi digital yang menampilkan teks, audio, grafis, video, animasi secara simultan.

 

D.    Media Tradisional (Konvensional)  dan Masa Depan (Digital)

a.       Pengertian Media Tradisional (Konvensional)  dan Masa Depan (Digital).

1.      Media tradisional: media yang penggunaannya tanpa didukung perangkat elektronik atau komputer.

2.      Media masa depan: media yang dalam penggunaanya harus didukung oleh perangkat komputer.

b.      Perbedaan antara Media Tradisional dan Masa Depan:

1.      Karakteristik media tradisional:

a)      Bersifat mekanis.

b)      Berdasarkan standar.

c)      Menggunakan kendali/control eksternal.

d)     Cenderung behavioristik.

2.      Karakteristik media masa depan:

1)      Siswa berperan serta secara total.

2)      Penekanan pada kerja sama.

3)      Penggunaan metode yang bervariasi.

4)      Penggunaan motivasi intrinsik.

5)      Ada unsur kesenangan dalam kegiatan belajar.

6)      Pengintegrasian kegiatan belajar dengan seluruh aspek kehidupan.

Sekian resume dari saya, semoga bermanfaat dan sampai jumpa dengan resume selanjutnya. Wassalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

 

 

 

 

No comments:

Post a Comment