PEMANFAATAN MEDIA DALAM
PEMBELAJARAN
A.
Manfaat Media dalam
Pembelajartan
Dalam pembelajaran sangat diperlukan adanya
media yang dapat digunakan untuk lebih memudahkan pelajar dalam memahami materi
yang sedang dipelajari. Hal ini berarti bahwa media sangat bermanfat dalam
pembelajaran. Diantara manfaat tersebut adalah sebagai berikut:
1.
Media pembelajaran sebagai alat bantu dalam pembelajaran
Tentunya kita tahu bahwa setiap materi ajar memiliki tingkat kesukaran yang
bervariasi. Pada satu sisi ada materi ajar yang tidak memerlukan alat bantu,
tetapi di lain pihak ada materi ajar yang sangat memerlukan alat bantu berupa
media pembelajaran. Media pembelajaran yang dimaksud antara lain berupa globe,
grafik, gambar, dan sebagainya. Materi ajar dengan tingkat kesukaran yang
tinggi tentu sukar dipahami oleh siswa. Tanpa bantuan media, maka materi ajar
menjadi sukar dicerna dan dipahami oleh setiap siswa. Hal ini akan semakin
terasa apabila materi ajar tersebut abstrak dan rumit/kompleks.
Sebagai alat bantu, media mempunyai fungsi melicinkan jalan menuju
tercapainya tujuan pembelajaran. Hal ini dilandasi keyakinan bahwa kegiatan
pembelajaran dengan bantuan media mempertinggi kualitas kegiatan belajar siswa
dalam tenggang waktu yang cukup lama. Itu berarti, kegiatan belajar siswa
dengan bantuan media akan menghasilkan proses dan hasil belajar yang lebih baik
daripada tanpa bantuan media.
2.
Media pembelajaran sebagai sumber
belajar
Sekarang Anda menelaah media sebagai sumber belajar. Sumber belajar adalah
segala sesuatu yang dapat dipergunakan sebagai tempat bahan pembelajaran untuk
belajar peserta didik tersebut berasal. Sumber belajar dapat dikelompokkan
menjadi lima kategori, yaitu manusia, buku perpustakaan, media massa, alam
lingkungan, dan media pendidikan. Media pendidikan, sebagai salah satu sumber
belajar, ikut membantu guru dalam memudahkan tercapainya pemahaman materi ajar
oleh siswa, serta dapat memperkaya wawasan siswa
B. Macam-Macam Media
Pembelajaran dan Karakteristiknya
Media pembelajaran
merupakan komponen intruksional yang melliputi pesan, orang, dan peralatan.
Menurut syaifulbahri djamarah dan aswan zain,media merupakan wahana penyalur
informasi belajar atau informasi pesan. Dalam perkembangannya media
pembelajaran mengikuti perkembangan teknologi. Berdasarkan perkembangan
teknologi tersebut, media pembelajaran dikelompokkan kedalam empat kelompok
yaitu:
1.
Media Hasil teknologi
Teknologi cetak adalah cara untuk menghasilkan atau menyampaikan materi,
seperti buku dan materi visual statis terutama melalui prosespercetakan
mekanisatau photografis. Kelompok
media hasil teknologi cetak antara lain: teks, grafik, foto atau representasi
fotografik. karakteristik media hasil cetak:
a.
Teks dibaca secara linear
b.
Menampilkan komonikasi secarasatu arah dan reseptif
c.
Ditampilkan secara statis atau diam
d.
Pengembangannya sangat tergantung
kepada prinsip-prinsip pembahasan
e.
Berorientasi atau berpusat pada
siswa.
Pendekatan
yang berorientasi pada siswa adalah pendekatan dalam belajar yang ditekankan
pada ciri-ciri dan kebutuhan siswa secara individual. Sedang lembaga pendidikan
dan para pengajar berfungsi dan berperan sebagai penunjang saja. Sistem
pendekatan yang berorientasi pada siswa ini didesainsedemikian rupa. Sehingga
siswa dapat belajardengan sistem yang luwes yang diarahkan agar siswa dapat
membenntuk gaya belajarnya masingmasing. Dalam hal ini guru dan lembaga
berperan sebagai penunjang, fasilitator dan semangat pada siswa yang sedang
belajar.
f.
f Informasi dapat diatur atau ditata ulang oleh pemakai
2. Media hasil teknologi
audio-visual
Teknologi audi-visual cara menyampaikan materi dengan menggunakan
mesin-mesin mekanis dan elektronis untuk menyajikan pesan-pesan audio-visual,
penyajian pengajaran secara audio-visual jelas bercirikan pemakaian perangkat
keras selama proses pembelajaran, seperti , mesin proyektor film, tape
rekorder, proyektor visual yang lebar.
Karakteristik:
a.
Bersifat linear
b.
Menyajikan visual yang dinamis
c.
Digunakan dengan cara yang telah
ditentukan sebelumnya oleh perancang
d.
Merupakan representasi fisik dari gagasan real atau abstrak
e.
Dikembangkan menurut prinsip psikologis behafiorisme dan kognitif
f.
Berorientasi pada guru
Pendekatan yang berorientasi pada guru atau lembaga adalah sistem
pendidikan yang konfensional dimana hampir seluruh kegiatan pembelajaran dikendalikan
penuh oleh para guru dan staf lembaga penndidikan. Dalam sistemini guru
mengkomunikasikan pengethuannya kepada siswa dalam bentuk pokok bahasan dalam
beberapa macam bentuk silabus. Biasanya pembalajaran berlangsung dan selesai
dalam jangka waktu tertentu. Sedangkan metode mengajar yang dipakai tidak
beragam bentuknya, biasanya menggunakan metode ceramah dengan pertemuan tatap
muka (face to face)
3. Media hasil teknologi
yang berdasarkan komputer
Teknologi berbasis komputer merupakan cara menghasilkan atau
menyampaikanmateri dengan menggunakan sumber-sumber yang berbasis microprosesor.
Berbagai aplikasi teknologi berbasis komputer dalam pembelajaran umumnya
dikenalsebagai computer assisted instruction. Aplikasi tersebut apabila dilihat
dari cara penyajiandan tujuan yang ingin dicapai melipiti tutorial,penyajian
materi secara bertahap, drills end practice latihan untuk membantu siswa
menguasai materi yang telah dipelajari sebelumnya, permainan dan simulasi
(latihan untuk mengaplikasikan pengetahuan dan keterampilan yang baru
dipelajari dari, dan basis data (sumber yang dapat membantu siswa menambahh
informasi dan penegtahuan sesuai dengan keinginan masing-masing)
Karakteristik
media hasil teknologi yang berdasarkan komputer:
a. Dapat digunakan
secara acak, non-sekuensial atau secara linear
b. Dapat digunakan
sesuai keinginan siswa atau perancang
c. Gagasan disajikan
dalam gaya abstrak dengan simbol dan grafik
d. Prinsip-prinsip ilmu
kognitif untuk mengembangkan media ini
e. Beroriatasi pada
siswa dan melibatkan interaktifitas siswa yang tinggi
4. Media hasil gabungan
tenologi cetak dan teknologi computer
Teknologi gabungan
adalah cara untuk menghasilkan dan menyampaikan materi yang menggabungkan
pemakaian beberapa bentuk media yang dikendalikan komputer. Komputer yang memiliki
kemampuan yang hebat seperti jumlah random akses memori yang besar, hard disk
yang besar, dan monitor yang beresolusi tinggi ditambah dengan pararel
(alat-alat tambahan), seperti: vidio disk player, perangkat keras untuk
bergabung dalam suatu jaringan dan sistem audio.
a)
Dapat digunkan secara acak, sekuensial, linear
b)
Dapat digunakan sesuai keinginan siswa, bukan saja dengan direncanakan dan
diinginkan oleh perancangnya
c)
Gagasan disajikan secara realistik sesuai dengan pengalaman siswa, menurut
apa yang relefan dengan siswa dan dibawah pengendalian siswa
d)
Prinsip ilmu kognitif dan konstruktifisme ditetapkan dalam pengembangan dan
penggunaan pelajaran
e)
Pembelajaran ditata dan terpusat pada lingkup kognitif sehingga pengetahuan
dikuasai jika pengetahuan itu digunakan
f)
ahan-bahan pelajaran melibatkan interaktif siswa
g)
Bahan-bahan pelajaran memadukan kata dan visual dari berbagai sumber
Selain pembagian itu ada lagi pembagian
media pembelajaran menurut jenis, daya liput, dan bahannya.
1) Dilihat dari jenisnya, media terbagi
menjadi:
a. Media auditif
Media yang
hanyamengandalkan suara saja seperi radio,kaset rekoorder, peringan hitam.media ini tidak cocok untuk orang tuli
atau mempunyai kelainan pendengaran
b. Media visual
Media yang hanya
mengandalkan indera penglihatan. Media ini ada yang menampilkan gambar diam
seperti film strip, slides, foto, gambar atau lukisan, dan cetakan. Ada pula
yang menampilkan gambar atau simbol yang bergerak seperti film bisu, dan film
kartun.
c. Media audio visual
Media yang
mempunyai unsur suara dan unsur gambar. Jenis media ini mempunya kemampuan yang
lebih baik karena meliputi kedua jenis media yang pertama dan kedua.
Media ini dibagi
dalam:
(1) Audio visual murni yaitu baik unsur suara maupun unsur
gambar derasal dari satu sumberseperti video kaset
(2) Audio visual tidak murni yaitu unsur suara dan unsur
gambarnya berasal dari sumber yang berbeda. Misalnya filmbingkai suara yang
unsur gambarnya berasal dari slides proyektor dan unsur suaranya berasal dari tape
recorder.
2) Dilihat dari daya liputnya, media terbagi
menjadi:
a. media dengan daya liput luas dan
serentak
Penggunaan media
ini tidak terbatas oleh tempat dan ruang serta dapat menjangkaujumlah anak
didik yang banyak dalam waktu yang sama.seperti radio dan televisi serta
internet
b. Media dengan daya liput terbatas oleh
ruang dan tempat
media ini dalam
penggunaannya membutuhkan ruang dan tempat yang khusus seperti film sound
slides film rangkai, yang harus menggunakan empat tertutup dan gelap.
c. Media untuk pembelajaran invidual
Media ini
penggunaannya hanya untuk seorang diri.termasuk media ini adalah modul
berprogram dan pengajaran melalui komputer.
3) Dilihat dari bahan-bahannya, media terbagi
menjadi:
a. Media sederhana
Media ini bahan
dasarnya mudah diperoleh dan harganya murah, cara pembuatannya mudah,
danpenggunaannya tidak sulit.
b. Media kompleks
Media ini adalah
media yang bahan dasarnya kompleks sulit didapat serta mahal harganya, sulit
membuatnya, dan penggunaanya memerlukan keterampilan yang memadai.
C. Kelebihan dan Kekurangan Media Pembelajaran
Meskipun
dalam penggunaannya jenis-jenis teknologi dan media sangat dibutuhkan guru dan
siswa dalam membantu kegiatan pembelajaran, namun secar`umu terdapat beberapa
kelebihan dan kelemahan dalam penggunaannya. Diantara kelebihan atau kegunaan
media pembelajaran yaitu:
1. Memperjelas penyajian pesanagar tidak
terlalu bersifat verbalistis( dalam bentuk kata-kata, tertulis atau lisan
belaka)
2. Mengatasi perbatasan ruang, waktu dan daya
indera, seperti:
a. Objek yang terlalu besar digantikan
dengan realitas, gambar, filmbingkai, film atau model
b. Obyek yang kecil dibantu dengan proyektor
micro, film bingkai, film atau gambar
c. Gerak yang terlalu lambat atau
terlalu cepat dapat dibantu dengan tame lapse atau high speed photografi
d. Kejadian atau peristiwa yang terjadi masa
lalu bisa ditampilkan lagi lewat rekaman film,video, film bingkai, foto maupun
secara verbal
e. Obyek yang terlalu kompleks
(mesin-mesin) dapat disajikan dengan model, diagram, dll
f. Konsep yang terlalu luas (gunung ber
api, gempa bumi, iklim dll) dapat di visualkan dalam bentuk film,film bingkai,
gambar,dll.
3. Dengan menggunakan media pendidikan secara
tepat dan bervariasi sifat pasif anak didik dapat diatasi. Dalam hal ini media
pembelajaran berguna untuk:
a. Menimbulkan kegairahan belajar
b. Memungkinkan interaksi yang lebih langsung
antara anak didik dengan lingkungan dan kenyataan
c. Memungkinkan anak didik belajar
sendiri-sendiri sesuai kemampuan dan minat masing-masing.
4. Dengan sifat yang unik pada tiapsiswa
ditambah lagi dengan lingkungan dan pengalaman yang berbeda, sedangkan
kurikulum dan materi pendidikan ditentukan sama untuk setiap siswa,maka guru
akan mengalami kesulitan. Semuanya itu harus diatasi sendiri. Apalagi bila
latar belakang guru dan siswa juga berbeda. Masalah ini juga bisa diatasi
dengan media yang berbeda dengan kemampuan dalam:
a. Memberikan perangsang yang sama
b. Mempersamakan pengalaman
c. Menimbulkan persepsi yang sama.
Ada beberapa
kelemahan sehubungan dengan gerakan pengajaran visual antara lain terlalu
menekankan bahan-bahan visualnya sendiri dengan tidak menghirukan kegiatan-kegiatan
lain yang berhubungan dengan desain,pengembangan,produksi, evaluasi, dan
pengelolaan bahan-bahan visual. Disamping itu juga bahan visual dipandang
sebagai alat bantu semata bagi guru dalam proses pembelajaran sehingga
keterpaduan antara bahan pelajaran dan alat bantu tersebut diabaikan.
Kelemahan audio
visual:terlalu menekankan pada penguasaan materi dari pada proses
pengembangannya dan tetap memandang materi audio visual sebagai alat Bantu guru
dalam proses pembelajaran.
No comments:
Post a Comment