Resume materi mata
kuliah media pembelajaran tanggal 15 maret 2016.
Pengembangan
Media Pembelajaran
A. Siklus pengembangan media
B. Pengertian istilah-istilah yang sering digunakan
dalam media pembelajaran:
1.
Media
adalah segala sesuatu yang dapat mengantarkan pesan dari pengirim dan penerima.
2.
Sumber
belajar adalah segala sesuatu yang dapat menghasilkan pesan
sebagai bahan objek kajian dalam pembelajaran.
3.
Bahan
ajar
adalah segala sesuatu yang berisi pesan yang dimanfaatkan dalamn pembelajaran.
4.
Media/medium
adalah cara berkomunikasi dari sumber ke penerima.
5.
Media
komunikasi adalah penghantar/perantara memfasilitasi,
perantara pesan dari komunikator ke komunikan.
6.
Media
pembelajaran adalah segala sesuatu yang dapat
digunakan untuk menyampaikan pesan, merangsang penilaian, perasaan, perhatian
dan kemauan siswa sehingga dapat mendorong proses belajar.
C. Peranan belajar
1. Mengatasi
batas-batas ruang kelas
2. Mengatasi
perbedaan pengalaman pribadi siswa
3. Memberi
pengalaman integral dan komprehensif
4. Menanamkan
konsep dasar dengan benar dan kongkrit
5. Membangkitkan
keinginan dan minat baru
6. Interaksi
langsung siswa dan lingkungan
7. Membangkitkan
motivasi dan merangsang belajar
8. Keseragaman
pengam,atan
D. Masa Pembelajaran
1. Sensomotorik:
0-2 th.
2. Preoperational:
2-7 th.
3. Complete
operational: 7-11 th.
4. Formal
operational: 11-selanjutnya.
E. Pengalaman belajar
1. Menurut Edgar Dale:
a. 75%
diperoleh dari mata.
b. 13%
diperoleh dari telinga.
c. 12%
diperoleh dari hal-hal lainnya.
2. George Wilson
a. 82%
diperoleh dari mata.
b. 12%
diperoleh dari telinga.
c. 6%diperoleh
dari hal-hal lainnya.
3. Harginson
a. 10%
diperoleh dari hal yang didengar.
b. 50%
diperoleh dari hal yang dilihat.
c. 60%
diperoleh dari hal yang dikatakan.
d. 90%
diperoleh dari hal yang dilakukan.
4. Belajar terjadi dengan cara:
a. Membaca
10%
b. Mendengar
20%
c. Melihat
30%
d. Melihat
dan mendengar 50%
e. Mengatakan
70%
f. Mengatakan
sambil mengerjakan 90%
F. Prinsip media pembelajaran
a. Standar
Kompetensi (SK) media pembelajaran.
b. Kompetensi
Dasar (KD) media pembelajaran, terdiri dari 7M yaitu:
1. Mudah
2. Murah
3. Menarik
4. Mempan
5. Mustajab
6. Manfaat
7. Menstimulasi
G. Klasifikasi media
1. Dirancang
(by design) adalah media yang dipersiapkan untuk menyam[paikan pesan, dapat
berupa papan panel, alat peraga, kartu, gambar, computer, tv.
2. Dimanfaatkan
(by utilization) adalah media yang dapat dimanfaatkan untuk menyampaikan pesan
lewat lingkungan sekitar.
H. Jenis-jenis media
1. Audio
2. Cetak
3. Audio
cetak
4. Proyeksi
visual diam
5. Proyeksi
audio visual diam
6. Audio
visual gerak
7. Obyek
fisik benda nyata
8. Manusia
dan lingkungannya
9. Elektronika
(computer,multimedia)
I. Perkembangan media
a. Tahun
1950
1.
Media gerak/film
2.
Visual
3.
Objek benda
nyata
4.
Audio
5.
Teks/buku
b. Tahun
1980
1.
Video interaktif
2. Film
c. Sekarang
1. Komputer
2. Lcd
3. Internet
4. Multimedia
J. Pertimbangan pemanfaatan media
1.
Karakteristik
warga belajar, jenis kelamin, pekerjaan
2. Kebutuhan,
kecakapan/kemampuan awal
3. Tujuan
pembelajaran
4. Materi
pembelajaran
5. Metode
pembelajaran
6. Kondisi
pembelajaran
Contoh
pemanfaatan media:
1. Warga
belajar: ibu-ibu rumah tangga di desa.
2. Tujuan:
warga belajar mampu membaca, menulis, berhitung, berbahasa Indonesia dengan
baik.
3. Materi:
aktivitas membaca, menulis, berhitung, berbahasa Indonesia yang baik dan benar.
4. Metode
pembelajara: ceramah dan diskusi mengerjakan soal.
5. Kondisi
pembelajaran: kondusif, tenang dan menyenangkan.
No comments:
Post a Comment