Saturday, March 19, 2016

perkembangan media pembelajaran

 
Resume materi mata kuliah media pembelajaran tanggal 15 maret 2016.
 
Pengembangan Media Pembelajaran
A.    Siklus pengembangan media
 
B.     Pengertian istilah-istilah yang sering digunakan dalam media pembelajaran:
1.      Media adalah segala sesuatu yang dapat mengantarkan pesan dari pengirim dan penerima.
2.      Sumber belajar adalah segala sesuatu yang dapat menghasilkan pesan sebagai bahan objek kajian dalam pembelajaran.
3.      Bahan ajar adalah segala sesuatu yang berisi pesan yang dimanfaatkan dalamn pembelajaran.
4.      Media/medium adalah cara berkomunikasi dari sumber ke penerima.
5.      Media komunikasi adalah penghantar/perantara memfasilitasi, perantara pesan dari komunikator ke komunikan.
6.      Media pembelajaran adalah segala sesuatu yang dapat digunakan untuk menyampaikan pesan, merangsang penilaian, perasaan, perhatian dan kemauan siswa sehingga dapat mendorong proses belajar.
C.    Peranan belajar
1.      Mengatasi batas-batas ruang kelas
2.      Mengatasi perbedaan pengalaman pribadi siswa
3.      Memberi pengalaman integral dan komprehensif
4.      Menanamkan konsep dasar dengan benar dan kongkrit
5.      Membangkitkan keinginan dan minat baru
6.      Interaksi langsung siswa dan lingkungan
7.      Membangkitkan motivasi dan merangsang belajar
8.      Keseragaman pengam,atan
D.    Masa Pembelajaran
1.      Sensomotorik: 0-2 th.
2.      Preoperational: 2-7 th.
3.      Complete operational: 7-11 th.
4.      Formal operational: 11-selanjutnya.
E.     Pengalaman belajar
1.      Menurut Edgar Dale:
a.       75% diperoleh dari mata.
b.      13% diperoleh dari telinga.
c.       12% diperoleh dari hal-hal lainnya.
2.      George Wilson
a.       82% diperoleh dari mata.
b.      12% diperoleh dari telinga.
c.       6%diperoleh dari hal-hal lainnya.
3.      Harginson
a.       10% diperoleh dari hal yang didengar.
b.      50% diperoleh dari hal yang dilihat.
c.       60% diperoleh dari hal yang dikatakan.
d.      90% diperoleh dari hal yang dilakukan.
4.      Belajar terjadi dengan cara:
a.       Membaca 10%
b.      Mendengar 20%
c.       Melihat 30%
d.      Melihat dan mendengar 50%
e.       Mengatakan 70%
f.       Mengatakan sambil mengerjakan 90%
F.     Prinsip media pembelajaran
a.      Standar Kompetensi (SK) media pembelajaran.  
b.      Kompetensi Dasar (KD) media pembelajaran, terdiri dari 7M yaitu:
1.      Mudah
2.      Murah
3.      Menarik
4.      Mempan
5.      Mustajab
6.      Manfaat
7.      Menstimulasi
 
G.    Klasifikasi media
1.      Dirancang (by design) adalah media yang dipersiapkan untuk menyam[paikan pesan, dapat berupa papan panel, alat peraga, kartu, gambar, computer, tv.
2.      Dimanfaatkan (by utilization) adalah media yang dapat dimanfaatkan untuk menyampaikan pesan lewat lingkungan sekitar.
H.    Jenis-jenis media
1.      Audio
2.      Cetak
3.      Audio cetak
4.      Proyeksi visual diam
5.      Proyeksi audio visual diam
6.      Audio visual gerak
7.      Obyek fisik benda nyata
8.      Manusia dan lingkungannya
9.      Elektronika (computer,multimedia)
I.       Perkembangan media
a.      Tahun 1950
1.      Media gerak/film
2.      Visual
3.      Objek benda nyata
4.      Audio
5.      Teks/buku
b.      Tahun 1980
1.      Video interaktif
2.      Film
c.       Sekarang
1.      Komputer
2.      Lcd
3.      Internet
4.      Multimedia
J.      Pertimbangan pemanfaatan media
1.      Karakteristik warga belajar, jenis kelamin, pekerjaan
2.      Kebutuhan, kecakapan/kemampuan awal
3.      Tujuan pembelajaran
4.      Materi pembelajaran
5.      Metode pembelajaran
6.      Kondisi pembelajaran
Contoh pemanfaatan media:
1.      Warga belajar: ibu-ibu rumah tangga di desa.
2.      Tujuan: warga belajar mampu membaca, menulis, berhitung, berbahasa Indonesia dengan baik.
3.      Materi: aktivitas membaca, menulis, berhitung, berbahasa Indonesia yang baik dan benar.
4.      Metode pembelajara: ceramah dan diskusi mengerjakan soal.
5.      Kondisi pembelajaran: kondusif, tenang dan menyenangkan. 
 
 
 
 
 
 
 
 

No comments:

Post a Comment