Ragam
dan Klasifikasi Media Pembelajaran
Assalamu’alaikum
Warahmatullahi Wabarakatuh, kali ini saya akan meresume materi perkuliahan
media pembelajaran yang dilaksanakan pada tanggal 08 maret 2016. Pada pertemuan
tersebut dibahas mengenai “Ragam dan Klasifikasi Media Pembelajaran”,
berikut resumenya:
A. Klasifikasi
media pembelajaran.
Menurut Kemp dan
Devton (1985), klasifikasi jenis media pembelajaran adalah sebagai berikut:
1. Media
cetak.
2. Media
yang dipamerkan (displayed media).
3. Over
head trans-parency (OHP).
4. Rekaman
suara.
5. Slide
suarta dan film strip.
6. Presentasi
multi gam,bar.
7. Video
dan film.
8. Pembelajaran
berbasis komputer (computer based instruction).
Menurut Heinich
dan kawan-kawan (2005), klasifikasi jenis media pembelajaran adalah sebagai
berikut:
1. Media
cetak/teks.
2. Media
pameran/display
3. Media
audio.
4. Gambar
bergerak/motion pictures.
5. Multimedia.
6. Media
berbasis web atau internet.
B. Karakteristik
Media Pembelajaran adalah sebagai berikut:
1. Faktor
presentasi.
2. Faktor
ukuran (size).
3. Faktor
warna (colour).
4. Faktor
gerak-diam.
5. Faktor
gambar.
6. Faktor
suara.
C. Ragam
media pembelajaran.
1. Media
cetak.
Media
ini merupakan media yang relative murah dan sangat fleksibel penggunaannya.
Contoh dari media ini adalah:
a. Buku.
b. Brosur.
c. Leafleat.
d. Handout.
e. Diagram:
,edia ini digunakan untuk memperlihatkan adanya hubungan dan keterkaitan antara
konsep yang satu dan yang lain/
f. Poster:
media ini berupa konsep visual yang terdiri dari kombinasi antara garis, warna,
dan kata-kata (teks). Poster digunakan untuk menangkap dan memperhatahankan
perhatian orang agar mereka dapat memahami pesan.
2. Media
pameran.
Media
ini merupakan sarana informasi dan pengetahuan yang menarik bagi penggunanya.
Contoh
dari media ini adalah:
a. Realia:
berupa benda asli/orisinil yang digunakan sebagai medium untuk memperoleh suatu
informasi.
b. Model:
berupa benda-benda pengganti yang berfungsi untuk menggantikan benda yang
sebenarnya.
c. Diorama:
berupa pameran statis/diam yang didesain untuk menyampaikan informasi tentang
kejadian nyata yang terjadi di masa ;alu atau sekarang/ menggambarkan masa depan
dalam bentuk tiga dimensi.
d. Gambar
bgerak: merupakan media yang mapu memperlihatkan gambar bergerak yang
terintegrasi dengan unsure suara. Media ini dapat berupa film dan video.
e. Multimedia:
media ini merupakan produk kemajuan dari teknologi digital yang menampilkan
teks, audio, grafis, video, animasi secara simultan.
D. Media
Tradisional (Konvensional) dan Masa
Depan (Digital)
a. Pengertian
Media Tradisional (Konvensional) dan
Masa Depan (Digital).
1. Media
tradisional: media yang penggunaannya tanpa didukung perangkat elektronik atau
komputer.
2. Media
masa depan: media yang dalam penggunaanya harus didukung oleh perangkat
komputer.
b. Perbedaan
antara Media Tradisional dan Masa Depan:
1. Karakteristik
media tradisional:
a) Bersifat
mekanis.
b) Berdasarkan
standar.
c) Menggunakan
kendali/control eksternal.
d) Cenderung
behavioristik.
2. Karakteristik
media masa depan:
1) Siswa
berperan serta secara total.
2) Penekanan
pada kerja sama.
3) Penggunaan
metode yang bervariasi.
4) Penggunaan
motivasi intrinsik.
5) Ada
unsur kesenangan dalam kegiatan belajar.
6) Pengintegrasian
kegiatan belajar dengan seluruh aspek kehidupan.
Sekian resume dari
saya, semoga bermanfaat dan sampai jumpa dengan resume selanjutnya.
Wassalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.
No comments:
Post a Comment